4 Cara Download Video Youtube

Spread the love

Download video dari Youtube nyatanya adalah cara yang tepat untuk menghemat kuota data internet kita secara keseluruhan. Dibandingkan dengan jumlah kuota data yang dibutuhkan untuk menonton secara online, atau streaming, ada baiknya kita langsung mengunduh video yang diinginkan, dan menontonnya di waktu lain. Lebih lanjut, kita bisa menonton selama berkali-kali tanpa khawatir kuota data akan ikut tersedot secara terus menerus.

Perlu dikatakan, kegiatan menonton hingga mengunduh video di situs Youtube selalu membutuhkan akses internet, baik itu dari kuota data pribadi maupun koneksi internet lain seperti dari tethering dan WIFI. Misalnya, video dengan kualitas standar 480p bisa setara dengan konsumsi 400-an MB kuota, dan seterusnya sesuai dengan resolusi video.

Mulai sekarang, mengunduh video dari Youtube dijamin menjadi solusi yang lebih direkomendasikan untuk selalu menikmati berbagai tayangan dari laman berbagi video ini. Selain mengamankan kuota walaupun video akan ditonton berkali-kali di waktu yang akan datang, download video dari Youtube juga tetap dapat disesuaikan dengan kuota data, yaitu dengan memilih resolusi video terkait. Nah, bagaimana cara mengunduh video dari Youtube dengan aman dan nyaman?

4 Cara Download Video dari Youtube.

Berikut adalah 4 cara yang setidaknya bisa kamu coba lakukan setiap kamu ingin mengunduh sebuah video dari Youtube. Ada cara langsung, ada juga yang memanfaatkan aplikasi, lho.

  • Menambahkan ss pada link Youtube

Kita mulai dari cara langsung, yang bisa kamu praktikkan baik di ponsel maupun PC atau laptop. Cara pertama adalah dengan menambahkan huruf ‘ss’ di depan link video yang diinginkan pada laman Youtube. Huruf tersebut ditambahkan tepat di depan huruf Y pada link Youtube. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka link video pada browser dan bukan pada aplikasi Youtube langsung. Lalu, edit link video yang tersedia dan tambahkan huruf seperti ketentuan tadi.

Melalui cara ini, kamu masih bisa memilih resolusi video setelah laman download telah terbuka secara sempurna, serta pilihan resolusi video telah tersedia pada laman tersebut. Perhatikan resolusi, kecepatan dan kuota data internet yang digunakan, ya.

  • Menggunakan situs download

Cara lain yang juga tak kalah umum untuk mengunduh video dari Youtube adalah menggunakan situs download yang dapat diakses secara online. Terdapat banyak situs downloader yang bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu mencari dan menemukan yang cocok dari hasil pencarianmu.

Pertama, buka video yang ingin diunduh pada browser. Lalu, salin link video tersebut untuk ditempelkan pada kolom pengubah di situs download online. Beberapa situs juga menyediakan jenis file dan resolusi yang diinginkan, jadi pastikan kamu memilih yang sesuai.

  • Menggunakan Add-ons

Kamu tentu sudah familiar dengan Add-ons atau Extension, terutama yang menggunakan browser seperti Google. Add-ons adalah aplikasi yang bisa ditambahkan secara praktis dan otomatis pada browser yang kamu gunakan secara default. Daftar aplikasinya termasuk sarana mengunduh video.

Caranya, cari dan temukan Add-ons yang kamu rasa pas pada browser kamu. Kamu juga bisa memasukkan kata kunci video atau Youtube downloader. Lalu, pilih untuk menambahkan Add-ons tersebut pada browser. Selanjutnya, mulai download sesuai dengan prosedur yang ada.

Selain ketiga cara tersebut, kamu selalu bisa menemukan aplikasi ponsel dan PC atau laptop yang bisa digunakan sebagai sarana download video dari Youtube, seperti IDM. Manakah cara yang kamu pilih?